Beranda > Uncategorized > Budidaya Gurami Konsumsi

Budidaya Gurami Konsumsi

Ini adalah sebuah pengalaman yang saya kira dapat memberi manfaat bagi teman – teman yang punya keinginan untuk mencoba budidaya ikan gurami, disini saya akan mencoba menguraikan proses – proses yang harus kita lalui untuk dapat menjadi pembudidaya ikan gurami yang baik, baik dalam hal ini saya maksudkan adalah seorang pembudidaya ikan gurami yang sukses dan dapat menambah penghasilan bagi keluarga. langkah – langkah yang perlu kita lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Pembuatan Kolam
    • Yang perlu kita perhatikan dalam pembuatan kolam adalah anda mempunyai sebuah tempat untuk membuat kolam, tentunya diusahakan tempat ini mudah untuk mencari sumber air dan mudah untuk membuang air, apabila sudah ketemu selanjutnya adalah proses mengerukan tanah, untuk dalamya saya menyarankan 1,75 M s/d 2 M dan untuk luasnya tergantung lahan anda tapi yang ideal untuk setiap meter persegi itu maksimal untuk 25 ekor ikan gurami dan dikolam itu sebaiknya dilapisi terpal, agar air tidak meresab ketah dan juga tidak terkontaminasi tanah yanng mengandung bakteri (sekedar info bila butuh terpal hub (0355) 7140109), setelah kolam jadi segera isi air, biarkan 1-2 minggu sebelum anda taburi benih ikan, supaya diair ada makanan alami bagi benih ikan.
  2. Pencarian Benih
    • Untuk pencarian benih saya sarankan anda mencari benih ikan gurami yang diatas badannya itu berwarna hitam, menurut pengalaman saya, ikan gurami yang hitam itu tahan akan penyakit dan mempunyai harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain apabila nanti sudah menjadi gurami konsumsi. jangan lupa bertanya kepada yang senior dimana penjual benih ikan gurami yang baik.
  3. Penebaran Benih
    • Apabila sudah dapat benih, penebaran benih anda lakukan disore atau malam hari saat air sedang dingin, ikan jangan disebar dulu, ambil air kolam diember masukkan ikan diember kira – kira 5 menit, biar dia adaptasi dengan air kolam, selanjutnya ikan dapat anda masukkan kolam.
  4. Pemeliharaan
    • Untuk 1.000 ekor ikan gurami umumnya membutuhkan 30 sak konsentrat isi 30 Kg, bila benih yang anda tebarkan masih kecil, berikan pakan konsentrat PF 1000 atau merek lain yang sejenis sampai 2 – 3 sak, selanjutnya ada dapat memberikan pakan konsentrat 781-1 (atau yang sejenis) sampai kira kira habis 2-5 sak selanjutnya anda pakan dengan konsentrat 781-2 atau 788 sampai dengan 30 sak (hitungan 30  sak itu jumlah semua jenis konsentrat), pakan diberikan pada pagi dan sore hari dan pada siang hari dapat anda berikan pakan tambahan berupa daun kangkung dan sejenisnya), dalam pemeliharaan jangan lupa cek air kolam, usahakan volume air selalu dalam kondisi yang baik, bila perlu lakukan pengurangan dan penambahan air, air yang baik bila dilihat mata warnanya hijau lumut. setalah target pakan yang 30 sak tercukupi berarti ikan telah siap panen, waktu yang dibutuhkan sampai dengan panen adalah 10 bulan.
  5. Panen
    • Setelah anda dapat pembeli, usahakan ikan dijual secara basah, karena harga ikan akan lebih tinggi dari pada dijual kering, jangan lupa pantau terus proses penimbangan ikan, jangan sampai kita dicurangi. timbangan jangan boleh dipikul karena akan merugikan kita.
  6. Pasca Panen
    • keluarkan sisa air, bersihkan kolam, keringkan kolam 2 – 4 hari, isi air kembali, diamkan air 1 -2 minggu dan kita kembali ke langkah yang nomor 2 dan seterusnya.

Demikianlah beberapa hal dari pengamalan saya, bila anda ingin berbagi pengalaman silahkan kontak di nomor telepon yang saya tuliskan diblog ini pada pojok kanan atas, semoga bermanfaat.

 

Iklan
Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: